Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Tupoksi

07 November 2014 10:53:54  Smart Village  1.011 Kali Dibaca 

Berdasarkan sumber : Tupoksi Perangkat Desa Tahun 2023

Tugas Kepala Desa

Secara umum, kepala desa memiliki tugas untuk memimpin adanya penyelenggaraan pemerintahan yang ada di desa. Berikut ini adalah 4 tugas yang menjadi dasar dalam melaksanakan kewajibannya, antara lain:  

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa supaya tercipta sistem yang jujur dan bertanggung jawab. 
  2. Melaksanakan pembangunan secara merata.
  3. Melakukan pembinaan kemasyarakatan agar lebih sejahtera .
  4. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat agar lebih maju.

Fungsi Kepala Desa

Dalam rangka untuk melaksanakan tugas seperti yang tertera pada penjelasan diatas, maka seorang kepala desa memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Poin pertama: Melakukan penyelenggaraan suatu pemerintahan desa, fungsinya: 

  1. Tata kelola praja pemerintahan.
  2. Menetapkan suatu peraturan di desa. 
  3. Melaksanakan pembinaan masalah dalam pertanahan.
  4. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban di desa.
  5. Melakukan upaya dalam perlindungan masyarakat.
  6. Memastikan administrasi kependudukan berjalan dengan baik.
  7. Penataan wilayah.
  8. Pengelolaan wilayah.
Poin kedua: Melaksanakan pembangunan, fungsinya: 
  1. Pembangunan sarana prasarana perdesaan.
  2. Pembangunan dalam bidang pendidikan dan kesehatan.
Poin ketiga: Pembinaan kemasyarakatan, fungsinya:
  1. Melakukan pelaksanaan hak dan kewajiban kepada masyarakat.
  2. Partisipasi masyarakat.
  3. Sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
Poin keempat: Dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat, fungsinya:
  1. Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
Poin kelima: Dalam hal kemitraan, fungsinya:
  1. Menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

 

Sekretaris Desa

Pasal-7-UU-No-84-Tahun-2015
Kutipan Pasal 7

Untuk uraian yang berkaitan dengan posisi sebagai sekretariat desa, telah di tuliskan pada Pasal 7 di peraturan terasebut. Sekretaris desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa. 

Dibawah posisi ini, terdapat 3 jabatan lain yang menjadi tanggung jawabnya, yaitu posisi jabatan sebagai kaur. 

Tugas Sekretaris Desa 

Sesuai dengan pasal 7, tugas dari seorang sekretaris desa bertugas untuk membantu kades di dalam bidang administrasi pemerintahan. 

Mulai dari administrasi yang berkaitan dengan legalitas, sampai administrasi yang berkaitan dengan dana keuangan.

Fungsi Sekretaris Desa

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) pasal 7, sekretaris desa memiliki fungsi:

  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan, mulai dari tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, serta ekspedisi.
  2. Melaksanakan urusan umum, antara lain dalam penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset-aset, inventarisasi, perjalanan dinas, serta pelayanan umum.
  3. Melaksanakan urusan dalam bidang keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya yang terkait.
  4. Melaksanakan urusan perencanaan, antara lain menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka proses pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

 

Kepala Urusan

pasal-8
Kutipan Pasal 8

Adapun penjelasan berkaitan dengan tupoksi kaur, sudah dijelaskan di dalam pasal 8. Secara garis besar, kaur berkedudukan sebagai unsur staf sekretariat. Dalam hal ini, berposisi di bawah pengawasan sekretaris desa. 

Ada 3 jabatan kaur yang terdapat pada susunan organisasi, antara lain:

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum (Kaur Umum)  

Tugas Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum 

Kaur memiliki tugas yaitu membantu sekretaris desa dalam urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. 

Fungsi Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

Dalam melaksanakan tugasnya, kaur tata usaha dan umum memiliki fungsi, antara lain:

  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi, serta penataan administrasi perangkat desa, 
  2. Penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor. 
  3. Penyiapan rapat.
  4. Pengadministrasian aset inventarisasi.
  5. Administrasi perjalanan dinas.
  6. Pelayanan umum. 

Kepala Urusan Keuangan (Kaur Keuangan)

Tugas Kepala Urusan Keuangan (Kaur Keuangan)

Sama seperti kaur TU, secara umum, penjelasan mengenai tupoksi bendahara sudah dijelaskan pada pasal 8. Kaur bertugas dalam membantu sekretaris desa dalam urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.

Fungsi Kepala Urusan Keuangan (Kaur Keuangan)

Guna melaksanakan tugasnya, seorang kaur keuangan atau yang biasa kita sebut dengan bendahara memiliki fungsi berikut: 

 

  1. Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan 
  2. Administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran. 
  3. Melakukan verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan kepala desa, perangkat desa, badan permusyawaratan desa, serta lembaga pemerintahan desa lainnya.

 

Kepala Urusan Perencanaan (Kaur Perencanaan)

Tugas Kepala Urusan Perencanaan (Kaur Perencanaan)

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, terdapat di dalam pasal 8, yang mana seorang kaur bertugas membantu sekretaris desa dalam melaksanakan urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.

Fungsi Kepala Urusan Perencanaan (Kaur Perencanaan)

Agar dapat tercipta tata kelola yang baik, seorang kaur perencanaan memiliki fungsi, yaitu:

 

  1. Mengoordinasikan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa. 
  2. Menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan. 
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi program.
  4. Penyusunan laporan.

 

 

Kepala Seksi

pasal-9
Kutipan Pasal 9
 
Di dalam pasal 9, seorang kepala seksi atau kasi memiliki sebuah kedudukan sebagai unsur pelaksana teknis. Ada 3 kasi yang terdapat dalam bagan organisasi, yaitu:

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasi Pemerintahan)

Tugas Kepala Seksi Pemerintahan (Kasi Pemerintahan)

Secara umum, pada pasal 9 telah dijelaskan bahwa kasi bertugas membantu kades sebagai pelaksana tugas operasional.

Fungsi Kepala Seksi Pemerintahan (Kasi Pemerintahan)

Kasi pemerintahan mempunyai fungsi:

 

  1. Melaksanakan manajemen tata praja pemerintahan
  2. Menyusun rancangan regulasi desa 
  3. Pembinaan masalah pertanahan 
  4. Pembinaan ketentraman dan ketertiban 
  5. Pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah 
  6. Pendataan dan pengelolaan profil desa. 

 

Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesejahteraan) 

Tugas Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesejahteraan) 

Sama dengan kasi pemerintahan, pada pasal 9 telah dijelaskan bahwa kasi kesejahteraan bertugas untuk membantu kades sebagai pelaksana tugas operasional.

Fungsi Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesejahteraan) 

Kasi kesejahteraan mempunyai fungsi:

 

  1. Melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan
  2. Pembangunan bidang pendidikan, kesehatan 
  3. Tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup 
  4. Pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna. 

 

Kepala Seksi Pelayanan (Kasi Pelayanan)

Tugas Kepala Seksi Pelayanan (Kasi Pelayanan)

Kasi pelayanan bertugas untuk membantu kadesa sebagai pelaksana tugas pada bagian operasional.

Fungsi Kepala Seksi Pelayanan (Kasi Pelayanan)

Kasi pelayanan memiliki fungsi: 

 

  1. Melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat
  2. Meningkatkan upaya partisipasi masyarakat
  3. Pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan. 

 

 

Kepala Kewilayahan  

 

pasal-10
Kutipan Pasal 10

Pada pasal 10, dijelasakan bahwa kepala kewilayahan atau sebutan lainnya berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan.

Tugas Kepala Kewilayahan

Kepala kewilayahan memiliki kedudukan yang bertugas membantu kades dalam pelaksanaan tugasnya di wilayahnya.

Dapat dianalogikan, jabatan ini merupakan wakil langsung dari kades yang ada di setiap dusun. Sehingga, jika ada informasi penting dari desa maupun masyarakat, bisa langsung tersampaikan dengan baik. 

Fungsi Kepala Kewilayahan

Berikut ini adalah fungsi dari seorang kepala kewilayahan, antara lain:

 

  1. Pembinaan ketentraman dan ketertiban, 
  2. Pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan serta pengelolaan wilayah
  3. Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.
  4. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
  5. Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

04 Oktober 2023 | 1.103 Kali
Pemerintah Desa
26 Agustus 2016 | 1.119 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2016 | 985 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 963 Kali
RPJM Desa
24 Agustus 2016 | 940 Kali
Visi dan Misi
07 November 2014 | 1.011 Kali
Tupoksi
30 April 2014 | 983 Kali
RKP Desa
29 Juli 2013 | 2.971 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 1.119 Kali
Sejarah Desa
04 Oktober 2023 | 1.103 Kali
Pemerintah Desa
29 Juli 2013 | 1.077 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
07 November 2014 | 1.011 Kali
Tupoksi
30 April 2014 | 995 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
26 Agustus 2016 | 985 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 940 Kali
Visi dan Misi
20 April 2014 | 685 Kali
Peraturan Pemerintah
22 April 2014 | 692 Kali
Pengaduan
29 Juli 2013 | 652 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
30 April 2014 | 777 Kali
Redaksi
30 April 2014 | 644 Kali
Gapoktan
29 Juli 2013 | 675 Kali
Profil Desa

Agenda

Sinergi Program

Tuban Satu Data
Pengaduan Layanan Publik
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
Indeks Desa Membangun
DTKS Kemensos

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan desa Karangtinoto-Rengel 62371
Desa : Karangtinoto
Kecamatan : Rengel
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 83355
Telepon :
Email : pemdeskartin@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:96
    Kemarin:97
    Total Pengunjung:109.146
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.176.54
    Browser:Tidak ditemukan